Alasan Memilih Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus Kedungreja – Oleh Sheila

Namaku Sheila , cerita ini semua berawal kurang lebih beberapa tahun yang lalu. Dimana pada saat itu adalah awal tahun ajaran baru dan aku masih merasa bingung akan melanjutkan sekolah . Awalnya aku memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah di daerah Purwokerto akan tetapi saat ini ada peraturan sistem zonasi yang membuat aku tidak bisa melanjutkan ke sekolah tersebut. Tapi aku tidak putus asa dan terus berdoa agar aku segera menemukan sekolah dengan pesantren yang cocok. Dan akhirnya aku mendapatkan informasi tentang sebuah pesantren dari kakak ku :

Kakak : ” Shell gimana kalau sekolah di SMA N1 Kedungreja saja, disana juga dekat dengan pesantren .
Aku : ” seriusan kak, pesantrennya khusus anak sekolah apa bukan kak ?
kakak : “iyah khusus anak sekolah, dulu temen kakak juga banyak yang pesantren disitu. Disana bener-bener ngerti keadaan dan kebutuhan para santri yang masih sekolah”

Mendengar cerita dari kakak ku, aku langsung tertarik dan meminta izin orang tua untuk pesantren disitu. Mendekati masa-masa MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) aku menyempatkan diri untuk survey ke pesantren yang kakak ku maksud. Nama pesantren tersebut yaitu PONDOK PESANTREN RUBAT MBALONG ELL FIRDAUS KEDUNGREJA. Menurutku nama pesantrennya unik. Disinilah tempat yang nantinya aku akan melatih diri untuk belajar mandiri dan bersyukur.

Beberapa hari setelahnya aku langsung mendaftar atau bahasa santrinya itu soan. Aku soan dengan orang tuaku dan ketika itu aku langsung bertemu dengan Abah kyai ( pengasuh pesantren ) . Biasanya para pengasuh pesantren itu galak-galak tapi pengasuh pondok pesantren Rubat menurutku tidak. Abah Hasan Mas’ud dan ibu Umi Maemanah adalah pengasuh pesantren yang benar-benar frendly, ramah dan humoris. hal ini yang membuat saya cocok sekali untuk nyantri di Rubat.

Di pesantren aku tinggal dikamar nomer 3 yaitu kamar Queen Latifah, disana aku benar-benar merasa seperti di rumah sendiri. Teman-teman santri lainnya pun ramah dan membuat langsung nyaman. Disetiap kamar memiliki ketua koordinator dan wakil. Tugas mereka adalah membantu para santri baru apabila ada kebutuhan terkait dengan pesantren.

Rubat Mbalong adalah rumahku saat ini, disini banyak sekali kegiatan live skill ( ketrampilan hidup ) untuk membangun karakter para santrI, diantaranya adalah divisi pertanian, divisi perikanan, divisi peternakan, divisi jamur tiram, divisi magot, divisi madu, divisi pembuatan sandal (sandal kenthir), divisi tepung mocaf, divisi bank sampah, divisi pembuatan paving block dan batako, divisi loundry syariah, dll. Semua kegiatan tersebut dilakukan para santri setelah kegiatan mengaji usai.

Rubat ini sangat ccocok untuk para anak sekolah, selain mengaji dan pelatihan live skill ada juga jadwal belajar wajib. Jadwal belajar wajib yaitu santri diharuskan belajar sesuai materi yang di sekolahan. Tujuannya adalah agar mengaji tetap berjalan dan sekolah tidak ketinggalan. Rubat memiliki sistem mengaji yang tidak memberatkan para santrinya, jadi jangan takut keselek kitab ya, hehe.

One thought on “Alasan Memilih Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus Kedungreja – Oleh Sheila

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top