Berikan Manfaat Sebanyak-banyaknya kepada Orang lain

memberiKetika kita bisa memberikan manfaat kepada orang lain, maka bisa menjadi bukti kalau kita menjadi manusia yang sebenarnya. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni, Rasulullah SAW bersabda,

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”.

Dari hadist di atas, kita sebagai muslim memang sejatinya diajarkan untuk selalu berbuat baik dan memberikan manfaat kepada orang lain karena ketika kita berbuat baik maka kebaikan itu untuk diri kita sendiri. Seperti yang tertulis dalam Alquran surat Al Isra ayat 7 yang berbunyi:

“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri.”

Banyak manfaat yang sebenarnya bisa kita berikan kepada orang lain. Bukan hanya manfaat secara materi tapi juga melalui ilmu, tenaga atau keahlian, serta sikap yang baik.

Oleh karena itu, jangan pernah merasa kalau kita tidak bermanfaat untuk orang lain, karena sebenarnya setiap orang bisa memberikan manfaat kepada yang lain selama mempunyai niat.

“Jangan pernah diem. Mikir, gerak, dan berbuat buat sesama. Kata Rasul, Khairunnaas, anfa’uhum linnaas. Sebaik manusia, yang bermanfaat buat seluruh ummat manusia.

Leave a Reply

Top