Berkah Mengaji di Waktu Subuh

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Inilah kegiatan rutin selama bulan suci romadhon yaitu mengaji kitab al barzanzi, burdah dan kasyful ummah dengan pengajar abah hasan mas’ud yang dilakukan ba’da sholat subuh hingga selesai.

Di waktu inilah semua santri di tuntut untuk mengaji dan di  latih untuk tidak terbiasa tidur di waku ba’da subuh karena pada hakekatnya tidur setelah waktu subuh itu tidak baik bagi tubuh kita, Tidur setelah subuh juga mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mahluk mencari rezeki dan waktu dibagikannya rezeki. Bahkan beberapa ulama berpendapat bahwa Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang [makruh] kecuali jika ada udzur dan keperluan.

Tidur setelah subuh kurang sehat sebagaimana dijelaskan oleh ulama yang juga seorang dokter, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Beliau berkata,

وَهُوَ مُضِرٌّ جِدًّا بِالْبَدَنِ لِإِرْخَائِهِ الْبَدَنَ وَإِفْسَادِهِ لِلْفَضَلَاتِ الَّتِي يَنْبَغِي تَحْلِيلُهَا بِالرِّيَاضَةِ

“Tidur setalah subuh sangat berbahaya bagi badan karena melemahkan dan merusak badan karena sisa-sisa [metabolisme] yang seharusnya diurai dengan berolahraga/beraktifitas.”

Jika berbicara tentang “berkah” terkadang tidak masuk logika dan hitungan matematika. Mungkin ada yang bilang:

“Saya sering tidur setelah subuh (bahkan kelewatan shalat subuh), tapi rezeki saya lancar”

Jawabnya: walaupun secara hitungan rezekinya banyak,  tetapi belum tentu berkah. Belum tentu ia qonaah dan bahagia dengan banyaknya hartanya. Bisa jadi banyak ia dapat, banyak juga ia keluarkan dalam hal yang tidak bermanfaat. Atau hartana “dibuang-buang” oleh anaknya dan keluarganya dalam hal maksiat dna dosa.

so, love ourselves and say I could do better than ever

jadi, cintailah diri kita dan katakan aku bisa lebih baik dari sebelumya. BAROKALLOH,,,.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top