CSR BI Purwokerto Kembangkan Padi Metode Hazton

padi-hazton-di-rubat-mbalongKantor Perwakilan BI Purwokerto terus berupaya mendorong peningkatan produksi pertanian. Khususnya beras yang notabene bahan pangan pokok bagi masyarakat. Kepala Unit Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan BI Purwokerto Djoko Juniwarto menyebutkan, peran beras sangat strategis dan berkontribusi besar terhadap angka inflasi.

Upaya tersebut dilakukan melalui uji coba tanam padi metode Hazton di lahan seluas 8 ha. Kali ini BI Purwokerto menggandeng Gapoktan Sri Martani, Desa Tambaksari, Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap. Sebelumnya, juga pernah dilakukan dengan Gapoktan di Kabupaten Banyumas baru-baru ini.

Ujicoba Tanam padi metode Hazton di desa Tambaksari, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap telah dilakukan pada Sabtu (30/5/2015) lalu. “Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan BP2KP Kabupaten Cilacap dan merupakan bagian dari Kegiatan Penguatan Gapoktan Pelaksana Program Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM),” katanya, Senin (1/5/2015).

Djoko mengungkapkan, pada 2014 Gapoktan Sri Martani mendapat bantuan berupa 1 Rice Milling Unit (RMU). Menurutnya, sampai saat ini telah mampu melayani petani di sekitar untuk menggiling gabah sekaligus memasok beras ke Bulog. Rata-rata mampu memasok 8 ton per minggu.

“Melihat keberhasilan dan manfaat yang didapatkan, tahun 2015 ini Gapoktan Sri Martani diperkuat lagi dengan 2 unit angkutan roda tiga. 440 m2 lantai jemur dan 8 Ha demplot ujicoba Metode Hazton melalui Program Sosial Bank Indonesia Tematik sub Tema Ketahanan Pangan senilai Rp166.560.000, ” katanya.

Djoko mengatakan, penguatan Gapoktan LDPM diupayakan dari hulu sampai hilir. Dengan begitu Gapoktan mampu menjalankan fungsinya. Yaitu sebagai stabilisator harga padi di tingkat desa.

Mewakili Kantor Perwakilan BI Purwokerto, Djoko berharap kegiatan tersebut dapat menjadi model penguatan kelembagaan petani. Sehingga mendorong produksi, menampung hasil panen petani sesuai HPP serta pemasarannya.(sumber: Tribunnews Jateng)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top