Pelatihan Wirausaha : Olah Singkong Jadi Tepung Mocaf Pengganti Terigu

Ponpes Rubat Mbalong Ell Firdaus bersama Republik Mocaf Cilacap gelar pelatihan kewirausahaan pengolahan singkong menjadi tepung Mocaf sebagai pengganti tepung terigu. Kegiatan ini dilaksanakan Ahad 18 Maret 2018 di rumah Bapak Maryono warga Dusun Cibriluk Desa Cinangsi Kec Gandrungmangu. Pelatihan ini diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari perwakilan petani singkong, Bumdesa Karangreja, Desa Cipari dan Segaralangu Kec Cipari, pelaku umkm makanan olahan berbasis tepung, santri, pelaku usaha toko kelontong dan koperasi retail.

Pelatihan ini digelar sebagai tindak lanjut dari FGD (Focus Discussion Group) pengembangan potensi pengolahan singkong menjadi tepung mocaf yang telah dilaksanakan bersama BI Purwokerto pada Sabtu 20 Januari 2018 di Ponpes Rubat Mbalong Ell Firdaus.

Menurut Bapak Asrul Sani selaku ketua panitia bahwa pelatihan kewirausahaan ini bagian dari “Jihad Pangan” melepaskan ketergantungan pada tepung terigu. Sebagaimana diketahui Indonesia adalah salah satu negara pengimpor terigu yang sangat besar. Ketergantungan bangsa Indonesia terhadap impor terigu, merupakan tantangan yang harus segera di atasi. Salah satu solusi adalah meningkatkan produksi produk substitusi terigu dan membiasakan konsumen rumah tangga untuk bergeser pada produk substitusi yakni konsumsi Tepung Singkong Mocaf.

“Tepung singkong Mocaf ini lebih sehat dibanding terigu karena tidak mengandung zat Gluten” tambahnya.

Tepung mocaf (modified cassava flour) adalah produk inovasi bahan baku singkong menjadi tepung yang memiliki karakteristik mirip dengan terigu yaitu lembut, putih, dan tidak berbau singkong yang dapat mensubstitusi terigu 30 – 100 %, sekaligus menjadi produk inovasi dengan peluang bisnis yang menjanjikan.

“Rencana pengembangan mocaf di Cilacap akan dari hulu ke hilir, melibatkan petani singkong, produsen tepung, distribusi pemasarannya dan pelaku usaha makanan berbahan tepung” tegas Abah Hasan Mas’ud-Pengasuh ponpes Rubat Mbalong Ell Firdaus- dalam sambutannya.

Menurut beliau, Ponpes Rubat Mbalong Ell-Firdaus tengah membangun jejaring ekonomi antara pesantren dan umat. Pesantren akan memfasilitasi bagi siapa saja baik santri, alumni pesantren maupun komunitas/kelompok warga yang memiliki potensi ekonomi untuk diberdayakan dengan menghubungkan ke berbagai stakeholder.

Proses Pembuatan Tepung Singkong Mocaf

Bapak Maryono selaku tuan rumah yang dulunya berprofesi sebagai pengusaha tepung aci, yang sudah praktek membuat mocaf menerangkan bahwa proses pembuatan mocaf sangat mudah.

Singkong yang masih segar dikupas kulitnya lalu dicuci bersih. Iris singkong tipis-tipis seperti irisan untuk membuat keripik singkong. Rendaman irisan/chip singkong dalam air yang sudah dicampur zat fermentasi asam laktat selama 3 hari 3 malam.

Angkat chip singkong yang sudah difermentasi, cuci kembali hingga bersih kemudian dipress untuk meniriskan kandungan air. Jemur hingga singkong hingga kering, biasanya butuh 2 hari dibawah sinar matahari terik. Chip yang sudah kering bisa langsung digiling menjadi tepung mocaf.

Tepung mocaf bisa diaplikasikan untuk membuat kue kering maupun basah, untuk tepung goreng sale pisang dan mendoan. Seperti pada pelatihan kewirausahaan ini, semua hidangan untuk peserta mulai dari sale pisang, mendoan, bolu kukus, bolu panggang dan lainnya menggunakan tepung mocaf.

2 thoughts on “Pelatihan Wirausaha : Olah Singkong Jadi Tepung Mocaf Pengganti Terigu

  1. Assalamu’alaykum..
    Saya Fitri dari Cilacap selatan, boleh saya minta nomor kontak beliau yg bertanggung jawab untuk pendirian pabrik/semacamnya tepung mocaf ini?
    Terima kasih atas bantuannya.
    Wassalam

Leave a Reply

Top