PENTINGYA ILMU NAHWU

Assalamu’alaikum wr. Wb

Artikel saya kali ini akan menjelaskan betapa pentingnya ilmu nahwu. Sebelum menjelaskan pada inti artikel tersebut tidak salahnya kita membaca kiasan yang berhubungan dengan ilmu nahwu berikut ini.

Semua makhluk hidup yang ada di dunia akan merasakan  mati termasuk manusia untuk memenuhi  panggilan dari sang kholiq. Dari panggilan itu kita akan mengenal beberapa alam yaitu  yaumul barzah, yaumul  ba’ast, yaumul hizab, yaumul mizan, yaumul mahsyar. Disana nanti kita  tidak akan mengenal bahasa yang sering kita ucapkan disetiap harinya melainkan kita menggunakan bahasa arab di alam sana. Maka dari itu sebagai ciptaan  alloh yang maha kuasa kita harus mengetahui tatanan bahasa arab untuk modal menjawab pertanyaan sang malaikat atas perintah Alloh swt. Tatanan bahasa arab tersebut dikenal dengan ilmu nahwu.

Apa ilmu nahwu itu ?

PhotoGrid_1458490828282[1]Ilmu nahwu adalah ilmu yang menjelaskan kaidah-kaidah bahasa arab untuk mengetahui hukum-hukum dari suatu huruf akhir.

Dari pengertian tersebut kita akan lebih mengetahui  bunyi akhir dari suatu kata dalam bahasa arab. Maka sangatlah penting bagi kita untuk mengenal dalam ilmu nahwu. Dari jajaran pondok dan madrasah tidak asing dengan kata ilmu tersebut yang sering dipelajari. Sebagaian pendapat ahli nuhat (ahli nahwu )juga mengatakan sangatlah penting kita untuk mengenal ilmu nahwu, antara lain :

  1. Ilmu nahwu itu lebih utama untuk mengetahui terlebih dahulu * karena suatu pembicaraan tanpa ilmu nahwu itu sangatlah sulit untuk dipahami ;
  2. Setiap orang yang tidak mengenal ilmu nahwu maka orang tersebut seperti orang yang bisu * dan kepahamannya seseorang didalam setiap ilmu itu seperti orang yang tidak mempunyai modal;
  3. Pangkat/ derajatnya seseorang diantara orang lain itu tidak dianggap/ dihargai * dan apabila didebat makan terputus hujahnya ( alasan );
  4. Seseorang tidak akan mendapatkan hidayah atas hikmah didalam penyebutannya * dan tidak akan dapat mendalami suatu pemikiran .

Demikan artikel ini saya buat, semoga bermanfaat bagi yang membacanya dan dapat mempelajari ilmu tersebut.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top