sistem mengaji halaqoh

PC290169-1Di zaman modern ini jarang sekali kita menemukan sistem mengaji yang efektif( salafy ), dari waktu maghrib sampai dengan ‘isya  di masjid. Pada kenyataannya dengan kemajuan zaman yang sangat pesat menjadikan anak-anak atau remaja enggan pergi ke masjid untuk sholat berjama’ah, berdzikir, dan mengaji.

Maka dari itu postingan saya kali ini akan membahas tentang sistem mengaji yang efektif.

sistem apakah itu ? jawabannya adalah sistem halaqoh. Sistem halaqoh ( bundelan/ melingkar ) merupakan sistem  yang modelnya menempatkan satu guru di depan dengan dikelilingi  oleh seorang murid mulai dari 5-7 anak yang berbentuk lingkaran sambil menghadap ke guru. Caranya salah satu murid membaca Al qur’an dan yang lain  menyimak yang disebut dengan mudarosah. Hal ini sangat memudahkan kita untuk menerima ilmu karena jarak murid dengan guru sangatlah dekat menjadikan perhatian seorang guru lebih sering.

PONPES RUBAT MBALONG ELL FIRDAUS, TAMABAKSARI, KEDUNGREJA, CILACAP juga menerapkan sistem ini yang diterapkan oleh sang ABAH HASAN MAS’UD ( Pengasuh ) yang terinspirasi dari PONPES RUBAT TARIM, YAMAN  tempat beliau menuntut ilmu.

Jadi kesimpulannya yaitu mari kita sebagai kaum muslim-muslimat untuk menerapkan sistem halaqoh. Manfaatkan waktu untuk berdzikir/ Membaca Al qur’an untuk mengharap ridho Alloh SWT dari sang Kholiq. Hilangkan kebiasaan-kebiasaaan yang membuta mudhorot(rugi) yang akan membawa ke jalan yang salah. Na’udzubillah…….

Pada dasarnya kita hidup hanya sementara gunakan waktu kita untuk bermunajat kepada sang pencipta.

Semoga apa yang kita inginkan dapat dikabulkan masuk surga bareng-bareng khusnul khotimah. Amiin Yaa robbal ‘alamin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top